SELAMAT DATANG DI BERBAGAI MACAM KARTUN

Selasa, 19 November 2024

kartun hello kitty

 




sumber:  https://en.wikipedia.org/


Hello Kitty Jepang :ハロー・キティHepburn : Harō Kiti ) , [ 6 ] juga dikenal dengan nama aslinya Kitty White (キティ・ホワイトKiti Howaito ) , [ 5 ] adalah karakter fiksi yang diciptakan oleh Yuko Shimizu , saat ini dirancang oleh Yuko Yamaguchi , dan dimiliki oleh perusahaan Jepang Sanrio . [ 7 [ 8 [ 9 ] Sanrio menggambarkan Hello Kitty sebagai kucing putih antropomorfis Inggris dengan pita merah dan tidak ada mulut yang terlihat. [ 10 [ 11 ] Menurut latar belakangnya, dia tinggal di pinggiran kota London bersama keluarganya, dan dekat dengan saudara kembarnya Mimmy, yang digambarkan dengan pita kuning. [ 5 [ 12 ]

Hello Kitty diciptakan pada tahun 1974 dan barang pertamanya, dompet koin vinil, diperkenalkan pada tahun 1975. [ 13 [ 14 ] Awalnya, Hello Kitty hanya dipasarkan kepada gadis pra-remaja , tetapi mulai tahun 1990-an, merek tersebut menemukan kesuksesan komersial di kalangan konsumen remaja dan dewasa juga. [ 15 ] Popularitas Hello Kitty juga tumbuh dengan munculnya budaya kawaii (imut). [ 16 ] Merek tersebut mengalami penurunan di Jepang setelah tahun 1990-an, tetapi terus tumbuh di pasar internasional. [ 17 ] Pada tahun 2010, karakter tersebut bernilai $5 miliar setahun dan The New York Times menyebutnya sebagai "fenomena pemasaran global". [ 17 ] Dia menghasilkan sekitar $8 miliar di ritel pada tahun 2013. [ 18 ]

UNICEF telah menunjuk Hello Kitty sebagai duta anak-anak dan pemerintah Jepang menunjuknya sebagai duta pariwisata. [ 15 ] Ada taman hiburan Sanrio yang berdasarkan Hello Kitty: Harmonyland di Hiji, Ōita , Jepang, [ 19 ] Sanrio Puroland di Tama New Town , Tokyo , Jepang, dan Hello Kitty Shanghai Times di Shanghai , Tiongkok. [ 20 ] Waralaba media Hello Kitty telah berkembang hingga mencakup sejumlah serial animasi yang ditargetkan untuk anak-anak, serta beberapa komik, film animasi, permainan video, buku, album musik, dan produksi media lainnya. Berbagai macam produk telah menampilkan karakter tersebut selama bertahun-tahun, seperti perlengkapan sekolah, pakaian, aksesori , dan mainan, bersama dengan barang-barang lainnya. Pada tahun 2008, ada lebih dari 50.000 produk bermerek Hello Kitty yang berbeda. [ 15 ]

Penciptaan dan desain

Yuko Shimizu adalah desainer asli Hello Kitty.

Pada tahun 1962, Shintaro Tsuji , pendiri Sanrio, mulai menjual sandal karet dengan bunga yang dilukis di atasnya. [ 21 ] Tsuji mencatat keuntungan yang diperoleh dengan menambahkan desain lucu pada sepatu dan menyewa kartunis untuk mendesain karakter lucu untuk barang dagangannya. [ 21 ] Hello Kitty dirancang oleh Yuko Shimizu dan ditambahkan ke jajaran karakter Sanrio awal pada tahun 1974. [ 8 ]

Hello Kitty awalnya dikenal hanya sebagai "anak kucing putih tanpa nama" (名前のない白い子猫) . [ 11 ] Shimizu mendapat nama Kitty dari Lewis Carroll 's Through the Looking-Glass ; selama adegan di awal buku, Alice bermain dengan kucing yang dia panggil Kitty . [ 22 ] Moto Sanrio adalah "komunikasi sosial", dan Tsuji ingin nama merek tersebut mencerminkan hal itu dengan memasukkan ucapan. Dia pertama kali mempertimbangkan "Hi Kitty" sebelum akhirnya memutuskan "Hello Kitty", namanya saat ini. [ 23 ] Sanrio memutuskan untuk membuat Hello Kitty Inggris karena negara-negara asing, khususnya Inggris, sedang tren di Jepang pada saat penciptaan Hello Kitty. Sanrio sudah memiliki beberapa karakter yang berlatar di AS, dan ingin Hello Kitty menjadi berbeda. [ 9 [ 15 ]

Pada tahun 1976, Setsuko Yonekubo untuk sementara mengambil alih posisi desainer utama Hello Kitty, setelah Shimizu meninggalkan Sanrio. Pada tahun 1980, Yuko Yamaguchi menjadi desainer utama dan tetap bertugas sejak saat itu. [ 24 ] Yamaguchi mengatakan bahwa mode, film, dan TV menginspirasinya dalam menciptakan desain baru. Seri baru yang melibatkan Hello Kitty dengan desain bertema berbeda dirilis secara berkala, mengikuti tren terkini. [ 9 [ 17 ]

Juru bicara Sanrio mengatakan bahwa Hello Kitty tidak memiliki mulut, karena mereka ingin orang-orang "memproyeksikan perasaan mereka ke karakter" dan "bahagia atau sedih bersama Hello Kitty." [ 9 [ 25 ] Penjelasan lain yang diberikan Sanrio untuk Hello Kitty yang tidak memiliki mulut adalah bahwa dia "berbicara dari hati. Dia adalah duta besar Sanrio untuk dunia dan tidak terikat pada bahasa tertentu." [ 15 ] Namun, Yuko Yamaguchi juga mengatakan bahwa "Kitty memiliki mulut" yang "tersembunyi di bulunya". [ 26 ] Perwakilan Sanrio mengatakan bahwa mereka melihat Hello Kitty sebagai simbol persahabatan, yang mereka harap akan dipupuknya di antara orang-orang di seluruh dunia. [ 9 ] Ada spekulasi bahwa Hello Kitty berasal dari Maneki Neko , patung kucing tradisional Jepang. Nama "Hello Kitty" adalah terjemahan balik dari Maneki Neko , yang berarti "kucing yang memanggil" dalam bahasa Inggris. Meskipun demikian, tidak ada pernyataan definitif yang mendukung spekulasi itu. [ 27 ] Hello Kitty juga telah diajukan sebagai contoh awal mukokuseki , istilah Jepang yang berarti "tanpa kewarganegaraan" atau "tanpa bangsa" mengacu pada karakter yang tidak memiliki latar belakang nasional yang dapat diidentifikasi. [ 28 ]

Sejarah dan penerimaan

Hello Kitty pertama kali muncul pada dompet koin vinil yang dijual di Jepang pada tahun 1975. [ 13 [ 14 ]

Kemunculan pertama karakter tersebut pada sebuah barang adalah pada bulan Maret 1975 pada dompet koin vinil yang dijual di Jepang, di mana dia digambarkan sedang duduk di antara botol susu dan mangkuk ikan mas. [ 13 [ 14 [ 29 ] Dia pertama kali muncul di Amerika Serikat pada tahun 1976 ketika Sanrio membuka toko Gift Gate di San Jose, California . [ 30 [ 31 ]

Hello Kitty terjual dengan baik segera setelah peluncurannya pada tahun 1975, dan penjualan Sanrio meningkat tujuh kali lipat. [ 17 ] Karena ekonomi Jepang yang sedang berkembang, banyak anak-anak Jepang yang mampu membeli produk Hello Kitty. [ 32 ] Popularitasnya juga tumbuh dengan munculnya budaya kawaii , yang merangkul kelucuan. [ 16 ]

UNICEF menobatkan Hello Kitty sebagai duta anak-anak di Amerika Serikat pada tahun 1983, duta anak-anak di Jepang pada tahun 1994, dan memberinya gelar Sahabat Khusus Anak-anak UNICEF pada tahun 2004, gelar yang hanya dimiliki olehnya. [ 33 [ 34 [ 35 ]

Awalnya, Hello Kitty hanya dipasarkan kepada anak-anak dan praremaja. Pada tahun 1990-an, target pasar untuk Hello Kitty diperluas untuk mencakup remaja dan orang dewasa sebagai merek retro . [ 9 [ 15 ] Pemasaran kepada mereka yang tidak bisa mendapatkan barang dagangan Hello Kitty sebagai anak-anak, dan mereka yang sayang mengingat barang-barang yang mereka miliki, Sanrio mulai menjual produk bermerek Hello Kitty seperti dompet dan laptop. [ 9 [ 15 [ 17 ] Seri Face 1994–1996 adalah yang pertama dirancang khusus untuk konsumen dewasa. [ 9 ]

Merek Hello Kitty menjadi lebih terkenal secara internasional pada akhir tahun 1990-an. Pada saat itu, beberapa selebriti, seperti Mariah Carey , telah mengadopsi Hello Kitty sebagai pernyataan mode. [ 15 ] Produk-produk baru yang menampilkan karakter tersebut tersedia di berbagai macam department store Amerika .

Popularitas Hello Kitty di Jepang mencapai puncaknya pada akhir 1990-an ketika ia menjadi karakter terlaris di negara itu. Pada tahun 2002, Hello Kitty kehilangan tempatnya sebagai karakter terlaris di Jepang dalam bagan popularitas Character Databank. Dalam survei tahun 2010, ia berada di tempat ketiga di belakang Anpanman dan Pikachu dari Pokémon . [ 17 ] Pada tahun 2010, The New York Times mengaitkan penurunan relatif karakter tersebut di Jepang dengan biografinya yang tidak "cukup menarik untuk menarik banyak penggemar." Surat kabar itu kemudian menulis bahwa analis menyebut karakterisasi itu "lemah", [ 17 ] dan bahwa Hello Kitty yang tidak memiliki mulut telah meredam kesuksesannya sebagai karakter TV animasi. [ 17 ] Menurut Character Databank, Hello Kitty adalah karakter terlaris ketiga di Jepang pada tahun 2013. [ 36 ] Pada tahun 2019 dan 2020, Character Databank menempatkannya di peringkat kelima, dan pada tahun 2021 ia keluar dari lima besar. [ 37 [ 38 [ 39 ]

Di luar negeri, popularitas globalnya meningkat selama bertahun-tahun. [ 17 ] Menurut Sanrio, Hello Kitty muncul pada 12.000 produk baru setiap tahun pada tahun 1999. [ 23 ] Dimulai pada tahun 2007, mengikuti tren di Jepang, Sanrio mulai menggunakan desain yang lebih gelap untuk Hello Kitty dengan lebih banyak warna hitam dan lebih sedikit warna merah muda dan menjauh dari gaya kawaii . [ 17 ] Pada tahun 2008, Hello Kitty bertanggung jawab atas setengah dari pendapatan bersih Sanrio sebesar $1 miliar, dan ada lebih dari 50.000 produk bermerek Hello Kitty yang berbeda di lebih dari 60 negara. [ 15 ] Pada tahun 2010, karakter tersebut bernilai $5 miliar setahun dan The New York Times menyebutnya sebagai "fenomena pemasaran global". [ 17 ] Penjualan tahunan di seluruh dunia mencapai $8 miliar pada tahun 2013. [ 18 ]

Pada bulan Juli 2008, seniman Belanda Dick Bruna , pencipta Miffy , menuduh bahwa Hello Kitty adalah salinan dari Miffy, yang ditampilkan dengan gaya yang sama. Dia menyatakan dengan tidak setuju dalam sebuah wawancara untuk surat kabar Inggris The Daily Telegraph : "Itu" [...] "adalah salinan [dari Miffy], menurutku. Aku sama sekali tidak menyukainya. Aku selalu berpikir, 'Tidak, jangan lakukan itu. Cobalah untuk membuat sesuatu yang menurutmu adalah dirimu sendiri'." [ 40 ] Mercis, firma yang mengelola hak cipta untuk Bruna, membawa Sanrio ke pengadilan atas karakter mereka yang terkait dengan Hello Kitty, Cathy, seekor kelinci yang pertama kali muncul pada tahun 1976 dan yang menurut Mercis melanggar hak cipta untuk Miffy. Pengadilan di Amsterdam memutuskan mendukung Mercis pada bulan November 2010 dan memerintahkan Sanrio untuk menghentikan produksi dan penjualan barang dagangan yang menampilkan Cathy di negara-negara Benelux . Namun, pada bulan Juni 2011, kedua perusahaan mengumumkan bahwa mereka telah mencapai kesepakatan penyelesaian untuk mengakhiri sengketa hukum mereka. Sanrio berhenti menggunakan karakter Cathy, dan kedua perusahaan tersebut bersama-sama menyumbangkan €150.000 untuk rekonstruksi setelah gempa bumi dan tsunami Tōhoku 2011. [ 41 ]

Pada tahun 2014, 90% keuntungan dari Hello Kitty berasal dari lisensi produk untuk pasar internasional. [ 42 ] Dia telah sangat populer di negara-negara Asia lainnya selama beberapa dekade, seperti di Tiongkok, di mana dampak budayanya sebanding dengan Barbie di dunia Barat. [ 43 ] Pada tahun 2008, Jepang menunjuk Hello Kitty sebagai duta besar pariwisata Jepang di Tiongkok dan Hong Kong, menandai pertama kalinya kementerian pariwisata Jepang menunjuk karakter fiksi untuk peran tersebut. [ 44 ] Sharon Kinsella, seorang dosen di Universitas Oxford tentang sosiologi Jepang, menyebut pemilihan Hello Kitty "agak menggelikan ... seolah-olah ikon budaya yang bodoh ... entah bagaimana dapat melakukan sesuatu yang signifikan untuk mengubah keadaan hubungan Tiongkok-Jepang yang rumit dan sulit ." [ 15 ]

Di Amerika Serikat, Hello Kitty dikenali oleh lebih dari 80% orang dewasa muda dalam kelompok usia 18–23 tahun, pada tahun 2016. 45 ] Pada tahun 2014, sebuah konvensi empat hari, Hello Kitty Con di Los Angeles , menarik lebih dari 25.000 pengunjung. Konvensi tersebut diadakan untuk merayakan ulang tahun Hello Kitty yang ke-40. [ 46 ] Taman hiburan Puroland Tokyo milik Sanrio juga mengadakan perayaan yang berlangsung selama beberapa hari pada bulan November 2014. [ 47 ]

Karakter

Hello Kitty adalah gijinka , antropomorfisme atau personifikasi dari kucing Bobtail Jepang . [ 48 [ 11 [ 49 ] Profil karakter resmi mencantumkan nama lengkapnya sebagai Kitty White (キティ・ホワイトKiti Howaito ) , lahir di pinggiran kota London, Inggris , pada tanggal 1 November. Tingginya digambarkan sebagai lima buah apel dan beratnya tiga buah apel. Ia digambarkan sebagai gadis yang cerdas dan baik hati, sangat dekat dengan saudara kembarnya Mimmy. Ia pandai membuat kue dan menyukai pai apel buatan ibunya. Ia suka bermain piano dan mengoleksi barang-barang lucu, dan mata pelajaran favoritnya di sekolah adalah bahasa Inggris, musik, dan seni. [ 5 [ 50 [ 12 ]

Hello Kitty digambarkan dengan keluarga besar dengan nama keluarga White . Saudari kembarnya Mimmy digambarkan sebagai "pemalu dan sangat feminin", tertarik menjahit dan memimpikan pernikahan. Sementara Hello Kitty memakai pita merah di telinga kirinya, Mimmy memakai pita kuning di telinga kanannya. Papa mereka George digambarkan sebagai orang yang dapat diandalkan, humoris tetapi juga linglung. Mama mereka Mary digambarkan sebagai juru masak yang baik yang suka melakukan pekerjaan rumah tangga. Kakek Anthony suka bercerita dan nenek Margaret suka menjahit. [ 50 [ 12 ] Selain keluarga, Hello Kitty juga digambarkan dengan beberapa teman hewan, termasuk tikus Joey dan Judy, beruang Tippy dan Thomas, rakun Tracy dan tupai Rorry. [ 51 ]

Selain karakter inti Hello Kitty, beberapa karakter spinoff telah dibuat: pacar Hello Kitty Dear Daniel pada tahun 1999, Charmmy Kitty , kucing peliharaan Hello Kitty, dan Sugar, hamster peliharaannya, keduanya pada tahun 2004, dan alter-ego superhero-nya Ichigoman pada tahun 2011. [ 29 [ 52 ]

SFGATE mengatakan pada tahun 2004 bahwa mengingat tingkat keberhasilan Hello Kitty, biografi fiksinya "tampaknya terlalu sederhana – atau tidak relevan" dan "tampaknya tidak memainkan peran besar" dalam kesuksesan tersebut. [ 16 ]

Pada tahun 2014, seorang antropolog diberitahu oleh Sanrio bahwa Kitty White bukan sekadar kucing (artinya "digambarkan dengan keempat kakinya"), menggambarkannya sebagai seorang gadis Inggris kecil bernama Kitty White, dari luar London. [ 10 ] Menyusul laporan yang menafsirkan ini berarti dia adalah manusia, seorang perwakilan humas Sanrio mengatakan bahwa organisasi tersebut "tidak pernah mengatakan dia adalah manusia", menjelaskan antropomorfisasi dengan membandingkan karakter tersebut dengan Mickey Mouse : "Tidak seorang pun akan salah mengira karakter Disney itu sebagai manusia–tetapi pada saat yang sama dia bukanlah tikus. Sama seperti Hello Kitty bukanlah manusia, dia juga bukanlah kucing." [ 48 ] Sanrio menyatakan lebih lanjut, "Hello Kitty dibuat dengan motif kucing. Terlalu berlebihan untuk mengatakan bahwa Hello Kitty bukanlah kucing." [ 11 ]

Media

Serial animasi

Ada beberapa serial animasi berbeda yang dibintangi Hello Kitty. Yang pertama adalah Hello Kitty's Furry Tale Theater , serial televisi animasi dengan 13 episode 22 menit yang ditayangkan perdana pada tahun 1987. [ 53 ] Berikutnya, sebuah OVA berjudul Hello Kitty and Friends , mencakup 30 entri yang awalnya dirilis di Jepang antara tahun 1989 dan 1994. Hello Kitty's Paradise keluar pada tahun 1999 dan berdurasi 16 episode. Hello Kitty's Stump Village keluar pada tahun 2005, dan The Adventures of Hello Kitty & Friends keluar pada tahun 2008 dan telah menayangkan 52 episode. Sebuah serial crossover dengan nama Kiss Hello Kitty (yang memasangkan versi animasi dari anggota band rock KISS dengan Hello Kitty) diumumkan pada Maret 2013. Diproduksi oleh Gene Simmons , acara ini seharusnya ditayangkan di The Hub Network (sekarang Discovery Family ), [ 54 ] tetapi tidak pernah membuahkan hasil.

Hello Kitty's Paradise  [ ja ] adalah program anak-anak live-action yang sudah lama ditayangkan di TXN dari Januari 1999 hingga Maret 2011. Program ini merupakan program televisi anak-anak mingguan terlama dalam sejarah jaringan tersebut. Pada Januari 2011, para kreator acara tersebut sepakat untuk mengakhiri serial tersebut setelah dua belas musim, dengan episode terakhir yang disiarkan pada 29 Maret 2011.

Pada bulan Agustus 2018, Sanrio mulai menayangkan serial animasi CGI di YouTube . Serial ini menampilkan Hello Kitty yang berbicara ke kamera tentang hidupnya dengan gaya vlog YouTuber. [ 55 [ 56 ]

Sanrio mulai menayangkan serial animasi 2D Hello Kitty terbaru Hello Kitty and Friends Supercute Adventures di YouTube pada 26 Oktober 2020. [ 57 ]Hello Kitty Jepang :ハロー・キティHepburn : Harō Kiti ) , [ 6 ] juga dikenal dengan nama aslinya Kitty White (キティ・ホワイトKiti Howaito ) , [ 5 ] adalah karakter fiksi yang diciptakan oleh Yuko Shimizu , saat ini dirancang oleh Yuko Yamaguchi , dan dimiliki oleh perusahaan Jepang Sanrio . [ 7 [ 8 [ 9 ] Sanrio menggambarkan Hello Kitty sebagai kucing putih antropomorfis Inggris dengan pita merah dan tidak ada mulut yang terlihat. [ 10 [ 11 ] Menurut latar belakangnya, dia tinggal di pinggiran kota London bersama keluarganya, dan dekat dengan saudara kembarnya Mimmy, yang digambarkan dengan pita kuning. [ 5 [ 12 ]

Hello Kitty diciptakan pada tahun 1974 dan barang pertamanya, dompet koin vinil, diperkenalkan pada tahun 1975. [ 13 [ 14 ] Awalnya, Hello Kitty hanya dipasarkan kepada gadis pra-remaja , tetapi mulai tahun 1990-an, merek tersebut menemukan kesuksesan komersial di kalangan konsumen remaja dan dewasa juga. [ 15 ] Popularitas Hello Kitty juga tumbuh dengan munculnya budaya kawaii (imut). [ 16 ] Merek tersebut mengalami penurunan di Jepang setelah tahun 1990-an, tetapi terus tumbuh di pasar internasional. [ 17 ] Pada tahun 2010, karakter tersebut bernilai $5 miliar setahun dan The New York Times menyebutnya sebagai "fenomena pemasaran global". [ 17 ] Dia menghasilkan sekitar $8 miliar di ritel pada tahun 2013. [ 18 ]

UNICEF telah menunjuk Hello Kitty sebagai duta anak-anak dan pemerintah Jepang menunjuknya sebagai duta pariwisata. [ 15 ] Ada taman hiburan Sanrio yang berdasarkan Hello Kitty: Harmonyland di Hiji, Ōita , Jepang, [ 19 ] Sanrio Puroland di Tama New Town , Tokyo , Jepang, dan Hello Kitty Shanghai Times di Shanghai , Tiongkok. [ 20 ] Waralaba media Hello Kitty telah berkembang hingga mencakup sejumlah serial animasi yang ditargetkan untuk anak-anak, serta beberapa komik, film animasi, permainan video, buku, album musik, dan produksi media lainnya. Berbagai macam produk telah menampilkan karakter tersebut selama bertahun-tahun, seperti perlengkapan sekolah, pakaian, aksesori , dan mainan, bersama dengan barang-barang lainnya. Pada tahun 2008, ada lebih dari 50.000 produk bermerek Hello Kitty yang berbeda. [ 15 ]

Penciptaan dan desain

Yuko Shimizu adalah desainer asli Hello Kitty.

Pada tahun 1962, Shintaro Tsuji , pendiri Sanrio, mulai menjual sandal karet dengan bunga yang dilukis di atasnya. [ 21 ] Tsuji mencatat keuntungan yang diperoleh dengan menambahkan desain lucu pada sepatu dan menyewa kartunis untuk mendesain karakter lucu untuk barang dagangannya. [ 21 ] Hello Kitty dirancang oleh Yuko Shimizu dan ditambahkan ke jajaran karakter Sanrio awal pada tahun 1974. [ 8 ]

Hello Kitty awalnya dikenal hanya sebagai "anak kucing putih tanpa nama" (名前のない白い子猫) . [ 11 ] Shimizu mendapat nama Kitty dari Lewis Carroll 's Through the Looking-Glass ; selama adegan di awal buku, Alice bermain dengan kucing yang dia panggil Kitty . [ 22 ] Moto Sanrio adalah "komunikasi sosial", dan Tsuji ingin nama merek tersebut mencerminkan hal itu dengan memasukkan ucapan. Dia pertama kali mempertimbangkan "Hi Kitty" sebelum akhirnya memutuskan "Hello Kitty", namanya saat ini. [ 23 ] Sanrio memutuskan untuk membuat Hello Kitty Inggris karena negara-negara asing, khususnya Inggris, sedang tren di Jepang pada saat penciptaan Hello Kitty. Sanrio sudah memiliki beberapa karakter yang berlatar di AS, dan ingin Hello Kitty menjadi berbeda. [ 9 [ 15 ]

Pada tahun 1976, Setsuko Yonekubo untuk sementara mengambil alih posisi desainer utama Hello Kitty, setelah Shimizu meninggalkan Sanrio. Pada tahun 1980, Yuko Yamaguchi menjadi desainer utama dan tetap bertugas sejak saat itu. [ 24 ] Yamaguchi mengatakan bahwa mode, film, dan TV menginspirasinya dalam menciptakan desain baru. Seri baru yang melibatkan Hello Kitty dengan desain bertema berbeda dirilis secara berkala, mengikuti tren terkini. [ 9 [ 17 ]

Juru bicara Sanrio mengatakan bahwa Hello Kitty tidak memiliki mulut, karena mereka ingin orang-orang "memproyeksikan perasaan mereka ke karakter" dan "bahagia atau sedih bersama Hello Kitty." [ 9 [ 25 ] Penjelasan lain yang diberikan Sanrio untuk Hello Kitty yang tidak memiliki mulut adalah bahwa dia "berbicara dari hati. Dia adalah duta besar Sanrio untuk dunia dan tidak terikat pada bahasa tertentu." [ 15 ] Namun, Yuko Yamaguchi juga mengatakan bahwa "Kitty memiliki mulut" yang "tersembunyi di bulunya". [ 26 ] Perwakilan Sanrio mengatakan bahwa mereka melihat Hello Kitty sebagai simbol persahabatan, yang mereka harap akan dipupuknya di antara orang-orang di seluruh dunia. [ 9 ] Ada spekulasi bahwa Hello Kitty berasal dari Maneki Neko , patung kucing tradisional Jepang. Nama "Hello Kitty" adalah terjemahan balik dari Maneki Neko , yang berarti "kucing yang memanggil" dalam bahasa Inggris. Meskipun demikian, tidak ada pernyataan definitif yang mendukung spekulasi itu. [ 27 ] Hello Kitty juga telah diajukan sebagai contoh awal mukokuseki , istilah Jepang yang berarti "tanpa kewarganegaraan" atau "tanpa bangsa" mengacu pada karakter yang tidak memiliki latar belakang nasional yang dapat diidentifikasi. [ 28 ]

Sejarah dan penerimaan

Hello Kitty pertama kali muncul pada dompet koin vinil yang dijual di Jepang pada tahun 1975. [ 13 [ 14 ]

Kemunculan pertama karakter tersebut pada sebuah barang adalah pada bulan Maret 1975 pada dompet koin vinil yang dijual di Jepang, di mana dia digambarkan sedang duduk di antara botol susu dan mangkuk ikan mas. [ 13 [ 14 [ 29 ] Dia pertama kali muncul di Amerika Serikat pada tahun 1976 ketika Sanrio membuka toko Gift Gate di San Jose, California . [ 30 [ 31 ]

Hello Kitty terjual dengan baik segera setelah peluncurannya pada tahun 1975, dan penjualan Sanrio meningkat tujuh kali lipat. [ 17 ] Karena ekonomi Jepang yang sedang berkembang, banyak anak-anak Jepang yang mampu membeli produk Hello Kitty. [ 32 ] Popularitasnya juga tumbuh dengan munculnya budaya kawaii , yang merangkul kelucuan. [ 16 ]

UNICEF menobatkan Hello Kitty sebagai duta anak-anak di Amerika Serikat pada tahun 1983, duta anak-anak di Jepang pada tahun 1994, dan memberinya gelar Sahabat Khusus Anak-anak UNICEF pada tahun 2004, gelar yang hanya dimiliki olehnya. [ 33 [ 34 [ 35 ]

Awalnya, Hello Kitty hanya dipasarkan kepada anak-anak dan praremaja. Pada tahun 1990-an, target pasar untuk Hello Kitty diperluas untuk mencakup remaja dan orang dewasa sebagai merek retro . [ 9 [ 15 ] Pemasaran kepada mereka yang tidak bisa mendapatkan barang dagangan Hello Kitty sebagai anak-anak, dan mereka yang sayang mengingat barang-barang yang mereka miliki, Sanrio mulai menjual produk bermerek Hello Kitty seperti dompet dan laptop. [ 9 [ 15 [ 17 ] Seri Face 1994–1996 adalah yang pertama dirancang khusus untuk konsumen dewasa. [ 9 ]

Merek Hello Kitty menjadi lebih terkenal secara internasional pada akhir tahun 1990-an. Pada saat itu, beberapa selebriti, seperti Mariah Carey , telah mengadopsi Hello Kitty sebagai pernyataan mode. [ 15 ] Produk-produk baru yang menampilkan karakter tersebut tersedia di berbagai macam department store Amerika .

Popularitas Hello Kitty di Jepang mencapai puncaknya pada akhir 1990-an ketika ia menjadi karakter terlaris di negara itu. Pada tahun 2002, Hello Kitty kehilangan tempatnya sebagai karakter terlaris di Jepang dalam bagan popularitas Character Databank. Dalam survei tahun 2010, ia berada di tempat ketiga di belakang Anpanman dan Pikachu dari Pokémon . [ 17 ] Pada tahun 2010, The New York Times mengaitkan penurunan relatif karakter tersebut di Jepang dengan biografinya yang tidak "cukup menarik untuk menarik banyak penggemar." Surat kabar itu kemudian menulis bahwa analis menyebut karakterisasi itu "lemah", [ 17 ] dan bahwa Hello Kitty yang tidak memiliki mulut telah meredam kesuksesannya sebagai karakter TV animasi. [ 17 ] Menurut Character Databank, Hello Kitty adalah karakter terlaris ketiga di Jepang pada tahun 2013. [ 36 ] Pada tahun 2019 dan 2020, Character Databank menempatkannya di peringkat kelima, dan pada tahun 2021 ia keluar dari lima besar. [ 37 [ 38 [ 39 ]

Di luar negeri, popularitas globalnya meningkat selama bertahun-tahun. [ 17 ] Menurut Sanrio, Hello Kitty muncul pada 12.000 produk baru setiap tahun pada tahun 1999. [ 23 ] Dimulai pada tahun 2007, mengikuti tren di Jepang, Sanrio mulai menggunakan desain yang lebih gelap untuk Hello Kitty dengan lebih banyak warna hitam dan lebih sedikit warna merah muda dan menjauh dari gaya kawaii . [ 17 ] Pada tahun 2008, Hello Kitty bertanggung jawab atas setengah dari pendapatan bersih Sanrio sebesar $1 miliar, dan ada lebih dari 50.000 produk bermerek Hello Kitty yang berbeda di lebih dari 60 negara. [ 15 ] Pada tahun 2010, karakter tersebut bernilai $5 miliar setahun dan The New York Times menyebutnya sebagai "fenomena pemasaran global". [ 17 ] Penjualan tahunan di seluruh dunia mencapai $8 miliar pada tahun 2013. [ 18 ]

Pada bulan Juli 2008, seniman Belanda Dick Bruna , pencipta Miffy , menuduh bahwa Hello Kitty adalah salinan dari Miffy, yang ditampilkan dengan gaya yang sama. Dia menyatakan dengan tidak setuju dalam sebuah wawancara untuk surat kabar Inggris The Daily Telegraph : "Itu" [...] "adalah salinan [dari Miffy], menurutku. Aku sama sekali tidak menyukainya. Aku selalu berpikir, 'Tidak, jangan lakukan itu. Cobalah untuk membuat sesuatu yang menurutmu adalah dirimu sendiri'." [ 40 ] Mercis, firma yang mengelola hak cipta untuk Bruna, membawa Sanrio ke pengadilan atas karakter mereka yang terkait dengan Hello Kitty, Cathy, seekor kelinci yang pertama kali muncul pada tahun 1976 dan yang menurut Mercis melanggar hak cipta untuk Miffy. Pengadilan di Amsterdam memutuskan mendukung Mercis pada bulan November 2010 dan memerintahkan Sanrio untuk menghentikan produksi dan penjualan barang dagangan yang menampilkan Cathy di negara-negara Benelux . Namun, pada bulan Juni 2011, kedua perusahaan mengumumkan bahwa mereka telah mencapai kesepakatan penyelesaian untuk mengakhiri sengketa hukum mereka. Sanrio berhenti menggunakan karakter Cathy, dan kedua perusahaan tersebut bersama-sama menyumbangkan €150.000 untuk rekonstruksi setelah gempa bumi dan tsunami Tōhoku 2011. [ 41 ]

Pada tahun 2014, 90% keuntungan dari Hello Kitty berasal dari lisensi produk untuk pasar internasional. [ 42 ] Dia telah sangat populer di negara-negara Asia lainnya selama beberapa dekade, seperti di Tiongkok, di mana dampak budayanya sebanding dengan Barbie di dunia Barat. [ 43 ] Pada tahun 2008, Jepang menunjuk Hello Kitty sebagai duta besar pariwisata Jepang di Tiongkok dan Hong Kong, menandai pertama kalinya kementerian pariwisata Jepang menunjuk karakter fiksi untuk peran tersebut. [ 44 ] Sharon Kinsella, seorang dosen di Universitas Oxford tentang sosiologi Jepang, menyebut pemilihan Hello Kitty "agak menggelikan ... seolah-olah ikon budaya yang bodoh ... entah bagaimana dapat melakukan sesuatu yang signifikan untuk mengubah keadaan hubungan Tiongkok-Jepang yang rumit dan sulit ." [ 15 ]

Di Amerika Serikat, Hello Kitty dikenali oleh lebih dari 80% orang dewasa muda dalam kelompok usia 18–23 tahun, pada tahun 2016. 45 ] Pada tahun 2014, sebuah konvensi empat hari, Hello Kitty Con di Los Angeles , menarik lebih dari 25.000 pengunjung. Konvensi tersebut diadakan untuk merayakan ulang tahun Hello Kitty yang ke-40. [ 46 ] Taman hiburan Puroland Tokyo milik Sanrio juga mengadakan perayaan yang berlangsung selama beberapa hari pada bulan November 2014. [ 47 ]

Karakter

Hello Kitty adalah gijinka , antropomorfisme atau personifikasi dari kucing Bobtail Jepang . [ 48 [ 11 [ 49 ] Profil karakter resmi mencantumkan nama lengkapnya sebagai Kitty White (キティ・ホワイトKiti Howaito ) , lahir di pinggiran kota London, Inggris , pada tanggal 1 November. Tingginya digambarkan sebagai lima buah apel dan beratnya tiga buah apel. Ia digambarkan sebagai gadis yang cerdas dan baik hati, sangat dekat dengan saudara kembarnya Mimmy. Ia pandai membuat kue dan menyukai pai apel buatan ibunya. Ia suka bermain piano dan mengoleksi barang-barang lucu, dan mata pelajaran favoritnya di sekolah adalah bahasa Inggris, musik, dan seni. [ 5 [ 50 [ 12 ]

Hello Kitty digambarkan dengan keluarga besar dengan nama keluarga White . Saudari kembarnya Mimmy digambarkan sebagai "pemalu dan sangat feminin", tertarik menjahit dan memimpikan pernikahan. Sementara Hello Kitty memakai pita merah di telinga kirinya, Mimmy memakai pita kuning di telinga kanannya. Papa mereka George digambarkan sebagai orang yang dapat diandalkan, humoris tetapi juga linglung. Mama mereka Mary digambarkan sebagai juru masak yang baik yang suka melakukan pekerjaan rumah tangga. Kakek Anthony suka bercerita dan nenek Margaret suka menjahit. [ 50 [ 12 ] Selain keluarga, Hello Kitty juga digambarkan dengan beberapa teman hewan, termasuk tikus Joey dan Judy, beruang Tippy dan Thomas, rakun Tracy dan tupai Rorry. [ 51 ]

Selain karakter inti Hello Kitty, beberapa karakter spinoff telah dibuat: pacar Hello Kitty Dear Daniel pada tahun 1999, Charmmy Kitty , kucing peliharaan Hello Kitty, dan Sugar, hamster peliharaannya, keduanya pada tahun 2004, dan alter-ego superhero-nya Ichigoman pada tahun 2011. [ 29 [ 52 ]

SFGATE mengatakan pada tahun 2004 bahwa mengingat tingkat keberhasilan Hello Kitty, biografi fiksinya "tampaknya terlalu sederhana – atau tidak relevan" dan "tampaknya tidak memainkan peran besar" dalam kesuksesan tersebut. [ 16 ]

Pada tahun 2014, seorang antropolog diberitahu oleh Sanrio bahwa Kitty White bukan sekadar kucing (artinya "digambarkan dengan keempat kakinya"), menggambarkannya sebagai seorang gadis Inggris kecil bernama Kitty White, dari luar London. [ 10 ] Menyusul laporan yang menafsirkan ini berarti dia adalah manusia, seorang perwakilan humas Sanrio mengatakan bahwa organisasi tersebut "tidak pernah mengatakan dia adalah manusia", menjelaskan antropomorfisasi dengan membandingkan karakter tersebut dengan Mickey Mouse : "Tidak seorang pun akan salah mengira karakter Disney itu sebagai manusia–tetapi pada saat yang sama dia bukanlah tikus. Sama seperti Hello Kitty bukanlah manusia, dia juga bukanlah kucing." [ 48 ] Sanrio menyatakan lebih lanjut, "Hello Kitty dibuat dengan motif kucing. Terlalu berlebihan untuk mengatakan bahwa Hello Kitty bukanlah kucing." [ 11 ]

Media

Serial animasi

Ada beberapa serial animasi berbeda yang dibintangi Hello Kitty. Yang pertama adalah Hello Kitty's Furry Tale Theater , serial televisi animasi dengan 13 episode 22 menit yang ditayangkan perdana pada tahun 1987. [ 53 ] Berikutnya, sebuah OVA berjudul Hello Kitty and Friends , mencakup 30 entri yang awalnya dirilis di Jepang antara tahun 1989 dan 1994. Hello Kitty's Paradise keluar pada tahun 1999 dan berdurasi 16 episode. Hello Kitty's Stump Village keluar pada tahun 2005, dan The Adventures of Hello Kitty & Friends keluar pada tahun 2008 dan telah menayangkan 52 episode. Sebuah serial crossover dengan nama Kiss Hello Kitty (yang memasangkan versi animasi dari anggota band rock KISS dengan Hello Kitty) diumumkan pada Maret 2013. Diproduksi oleh Gene Simmons , acara ini seharusnya ditayangkan di The Hub Network (sekarang Discovery Family ), [ 54 ] tetapi tidak pernah membuahkan hasil.

Hello Kitty's Paradise  [ ja ] adalah program anak-anak live-action yang sudah lama ditayangkan di TXN dari Januari 1999 hingga Maret 2011. Program ini merupakan program televisi anak-anak mingguan terlama dalam sejarah jaringan tersebut. Pada Januari 2011, para kreator acara tersebut sepakat untuk mengakhiri serial tersebut setelah dua belas musim, dengan episode terakhir yang disiarkan pada 29 Maret 2011.

Pada bulan Agustus 2018, Sanrio mulai menayangkan serial animasi CGI di YouTube . Serial ini menampilkan Hello Kitty yang berbicara ke kamera tentang hidupnya dengan gaya vlog YouTuber. [ 55 [ 56 ]

Sanrio mulai menayangkan serial animasi 2D Hello Kitty terbaru Hello Kitty and Friends Supercute Adventures di YouTube pada 26 Oktob. [ 57 ]


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

kartun aladdin

 sumber: https://en.wikipedia.org/ Aladdin  adalah  film komedi fantasi  musikal   animasi Amerika Serikat tahun 1992 yang diproduksi oleh  ...